Blog tentang Asuransi, Kesehatan

Minggu, 28 April 2019

Bagaimana Cara klaim Asuransi Kendaraan?

| Minggu, 28 April 2019
Cara klaim Asuransi Kendaraan - Jika terjadi insiden, cukup klaim kompensasi dari perusahaan asuransi dan mobil / motor dapat pulih seperti biasa tanpa harus menghabiskan banyak uang. Namun, untuk memastikan klaim asuransi untuk kendaraan bermotor cair, Anda harus mematuhi prosedur klaim asuransi kendaraan dengan benar


Cara klaim Asuransi Kendaraan

Prosedur untuk mengajukan asuransi mobil / motor sangat sederhana. Penting bahwa kita berhati-hati dan tidak menganggap serius administrasi. Ini diikuti oleh tahapan kerusakan asuransi kendaraan bermotor

1. Langkah pertama

Jika terjadi kecelakaan yang merusak kendaraan, potret langsung bagian yang rusak. Ini terutama benar jika kendaraan rusak parah atau tidak dapat lagi berjalan. Foto ini penting untuk bukti klaim asuransi di kemudian hari.

2. Mempersiapkan dokumen

Polis asuransi berisi informasi tentang dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan klaim. Siapkan semua file untuk lokakarya. Kondisi-kondisi ini meliputi:
  • Fotokopi polis asuransi
  • Foto copy SIM dan STNK
  • Sertifikat polisi (jika kendaraan rusak parah dalam kecelakaan serius)
3. Datangi bengkel rekanan

Setelah file dikumpulkan, pergi ke bengkel mitra dan katakan bahwa Anda menginginkan klaim asuransi. Lokakarya mitra menghubungi perusahaan asuransi dan menyelidiki kerusakan. Jangan pergi ke bengkel yang bukan mitra dan segera layani. Jika demikian, ya siap-siap saja klaim ditolak

Jika terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang rusak di luar kota, segera hubungi perwakilan perusahaan asuransi setempat. Kemudian informasikan kejadian tersebut dan mintalah instruksi untuk mengirimkan aplikasi. Batas maksimum untuk menghubungi perusahaan asuransi adalah 3 x 24 jam setelah kecelakaan.

4. Lengkapi formulir

Di bengkel Anda akan menerima formulir aplikasi. Lengkapi formulir sejelas dan sejujur ​​mungkin. Jangan meremehkan detail acara seperti waktu, nomor jalan, dll. Maka jangan mencoba berbohong karena mereka pasti akan memeriksanya.

Jika tidak, ini tidak berarti bahwa klaim tersebut dimaksudkan. Alasannya adalah bahwa jika data pada formulir tidak cocok dengan yang ada di lapangan, itu akan ditolak seratus persen!

Setelah semua langkah di atas selesai, tinggal tunggu berita dari bengkel. Jika kerusakan hanya sedikit tergores, setidaknya 2-3 hari telah berlalu. Maksimal 7 hari.

Namun, jika kerusakannya sangat parah, bisa memakan waktu dua minggu atau bahkan sebulan. Apalagi jika Anda perlu membawa suku cadang dari luar negeri, termasuk impor. Artikel ini hanya tersedia untuk dipesan.

Jika suku cadang perlu dipesan di bengkel terlebih dahulu, mintalah keselamatan saat kendaraan dapat dibawa. Khusus untuk mobil, sebagian besar perusahaan asuransi sekarang menawarkan kendaraan pengganti untuk mobil yang perlu tinggal di bengkel untuk waktu yang lama.

Ini adalah prosedur bertahap untuk klaim asuransi kendaraan bermotor dan sepeda motor secara umum

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar