Cara klaim Asuransi Kendaraan MSIG yang Benar - MSIG Sebagai pemilik layanan Asuransi Kendaraan MSIG berkomitmen untuk menyediakan Layanan klaim dengan kualitas terbaik bagi Pemegang Polis melalui layanan klaim yang cepat dan responsif. Namun, untuk memastikan klaim asuransi untuk kendaraan bermotor cair, Anda harus mematuhi prosedur klaim asuransi kendaraan dengan benar
Prosedur untuk mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan MSIG sangat sederhana. Penting bahwa kita berhati-hati dan tidak menganggap serius administrasi. Ini diikuti oleh tahapan kerusakan asuransi kendaraan bermotor
Klaim Kerugian Sebagian (Partial Loss)
1. Langkah pertama
Jika terjadi kecelakaan yang merusak kendaraan, potret langsung bagian yang rusak. Ini terutama benar jika kendaraan rusak parah atau tidak dapat lagi berjalan. Foto ini penting untuk bukti klaim asuransi di kemudian hari.
2. Registrasi
lakukan registrasi dan isi Laporan Kejadian pada menu MSIG online. Untuk kelancaran proses klaim, pastikan Anda telah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan dahulu;
- Fotokopi STNK Kendaraan
- Fotokopi SIM Pengemudi
- Surat keterangan dari kepolisian setempat (jika kerugian diakibatkan oleh perbuatan jahat orang lain atau melibatkan pihak ketiga)
- Surat tuntutan dari pihak ketiga – jika terdapat tuntutan dari pihak ketiga.
3. Survei kendaraan
Setelah semua dokumen lengkap, silakan datang ke kantor cabang atau MSIG Center terdekat untuk mengisi formulir klaim dan melakukan survei kendaraan.Petugas survei kami akan menganalisa kerugian dan memeriksa kerusakan kendaraan.
4. Surat perintah kerja
Apabila kerugian dan kerusakan dijamin oleh polis, petugas survei MSIG akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) di hari yang sama setelah dokumen lengkap untuk perbaikan kendaraan Anda di bengkel rekanan kami.
Setelah semua dokumen lengkap, silakan datang ke kantor cabang atau MSIG Center terdekat untuk mengisi formulir klaim dan melakukan survei kendaraan.Petugas survei kami akan menganalisa kerugian dan memeriksa kerusakan kendaraan.
4. Surat perintah kerja
Apabila kerugian dan kerusakan dijamin oleh polis, petugas survei MSIG akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) di hari yang sama setelah dokumen lengkap untuk perbaikan kendaraan Anda di bengkel rekanan kami.
Setelah file dikumpulkan, pergi ke bengkel mitra dan katakan bahwa Anda menginginkan klaim asuransi. Lokakarya mitra menghubungi perusahaan asuransi dan menyelidiki kerusakan. Jangan pergi ke bengkel yang bukan mitra dan segera layani. Jika demikian, ya siap-siap saja klaim ditolak
Jika terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang rusak di luar kota, segera hubungi perwakilan perusahaan asuransi MSIG setempat. Kemudian informasikan kejadian tersebut dan mintalah instruksi untuk mengirimkan aplikasi. Batas maksimum untuk menghubungi perusahaan asuransi adalah 3 x 24 jam setelah kecelakaan.
4. Perbaikan kendaraan
Di tahap ini, mobil Anda akan dibawa petugas MSIG bawa ke bengkel untuk tindakan perbaikan berdasarkan Surat Perintah Kerja yang sudah dibuat. PT MSIG akan menghubungi Anda kembali saat proses perbaikan sudah selesai. Pembayaran risiko sendiri dilakukan di bengkel setelah kendaraan Anda selesai diperbaiki dan akan diserahterimakan oleh bengkel.
1. Laporan Kejadian
lakukan registrasi dan isi Laporan Kejadian pada menu MSIG ONLINE.
2. Survei dan Investigasi
Datang ke Cabang Asuransi MSIG Center terdekat untuk melengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu:
Untuk kendaraan hilang, dilakukan investigasi oleh lembaga investigasi independen. Untuk kendaraan rusak parah, dilakukan estimasi kerusakan oleh bengkel atau loss adjuster.
3. Melengkapi Dokumen Tambahan
Jika klaim disetujui, silakan melengkapi dokumen tambahan, yaitu:
4. Pembayaran Klaim
Pembayaran klaim dilakukan paling lambat 14 hari kerja setelah dokumen lengkap diterima oleh Asuransi MSIG dan dibayarkan ke rekening Tertanggung.
Di tahap ini, mobil Anda akan dibawa petugas MSIG bawa ke bengkel untuk tindakan perbaikan berdasarkan Surat Perintah Kerja yang sudah dibuat. PT MSIG akan menghubungi Anda kembali saat proses perbaikan sudah selesai. Pembayaran risiko sendiri dilakukan di bengkel setelah kendaraan Anda selesai diperbaiki dan akan diserahterimakan oleh bengkel.
Klaim Kerugian Total (Total Loss)
1. Laporan Kejadian
lakukan registrasi dan isi Laporan Kejadian pada menu MSIG ONLINE.
2. Survei dan Investigasi
Datang ke Cabang Asuransi MSIG Center terdekat untuk melengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu:
- Fotokopi SIM Pengemudi
- Fotokopi STNK
- Surat keterangan dari kepolisian setempat
- Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda setempat (untuk kendaraan hilang)
- Surat blokir STNK (untuk kendaraan hilang)
- Formulir Interview (untuk kendaraan hilang)
- Formulir bersedia disurvei (untuk kendaraan hilang)
- Petugas survei kami melakukan survei dan analisa klaim, dan jika dianggap perlu:
Untuk kendaraan hilang, dilakukan investigasi oleh lembaga investigasi independen. Untuk kendaraan rusak parah, dilakukan estimasi kerusakan oleh bengkel atau loss adjuster.
3. Melengkapi Dokumen Tambahan
Jika klaim disetujui, silakan melengkapi dokumen tambahan, yaitu:
- BPKB & faktur asli
- 3 (tiga) lembar kuitansi
- Surat Pencabutan Blokir (untuk kendaraan hilang)
- Surat Abandonment
- STNK asli
- Kunci kontak asli & serep
4. Pembayaran Klaim
Pembayaran klaim dilakukan paling lambat 14 hari kerja setelah dokumen lengkap diterima oleh Asuransi MSIG dan dibayarkan ke rekening Tertanggung.
Ini adalah prosedur bertahap Ini Cara Klaim Asuransi Kendaraan MSIG yang benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar