Blog tentang Asuransi, Kesehatan

Jumat, 29 Maret 2019

Apa itu Asuransi Kesehatan? Manfaatnya Apa?

| Jumat, 29 Maret 2019
Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan
Apa itu Asuransi Kesehatan? Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang dimaksudkan untuk mengasuransikan asuransi kesehatan jika tertanggung sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan disediakan oleh perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai pilihan, mulai dari perawatan rumah sakit hingga perawatan rumah sakit, hingga pra-perawatan dan rawat inap. Selain itu, asuransi kesehatan sekarang juga menyediakan kepada tertanggung biaya untuk memberikan layanan biasa dan operasi caesar.

Untuk menerima manfaat asuransi atau asuransi kesehatan, setiap klien atau perusahaan asuransi kesehatan harus membayar premi asuransi secara teratur. Jumlah kontribusi asuransi kesehatan bervariasi, nilainya disesuaikan dengan status kesehatan tertanggung, tingkat risiko, manfaat dan ketentuan lain dari perusahaan asuransi. Tidak seperti BPJS Kesehatan, asuransi swasta memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki BPJS. Kesehatan lebih cepat, lebih nyaman dan lebih fleksibel ketika memilih rumah sakit. Perawatan di semua rumah sakit pada dasarnya diterima sebagai asuransi, baik tunai maupun non tunai.

Kenapa harus asuransi kesehatan?


Seperti halnya produk pinjaman, asuransi kesehatan tentu dapat menawarkan banyak manfaat dalam hidup Anda. Jika suatu pertanyaan diperlukan atau tidak, tentu jawabannya diperlukan. Lihat alasan berikut:

Memperoleh asuransi kesehatan tidak membahayakan keluarga atau kerabat Anda jika Anda memiliki penyakit atau memerlukan perawatan di rumah sakit untuk jangka waktu tertentu. Dalam hal asuransi kesehatan, biaya perawatan dan perawatan ditanggung oleh perusahaan asuransi, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Biaya perawatan kesehatan tumbuh setiap tahun, jadi jika Anda memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat membayar perawatan Anda tanpa harus menanggung biaya tinggi dalam jangka panjang jika Anda memiliki penyakit kritis atau perlu dirawat di rumah sakit. Secara umum, pengeluaran perawatan kesehatan di Indonesia telah meningkat sebesar 10-15% setiap tahun. Peningkatan perawatan kesehatan juga tidak dikompensasi oleh perhitungan kenaikan gaji, sehingga risiko sakit sangat tinggi jika Anda kehilangan harta benda atau kebangkrutan Anda.

Semakin dini usia Anda, semakin murah premi asuransi yang dibayarkan. Penilaian ini didasarkan pada risiko penyakit kronis bagi Anda. Semakin muda usia Anda, semakin rendah risiko penyakit kronis dan semakin murah untuk membayar.

Manfaat Asuransi Kesehatan


Asuransi kesehatan akan membantu ketersediaan untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi. Jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit, maka perusahaan asuransilah yang akan menanggung biaya pengobatan, sesuai dengan kontrak atau kesepakatan.Inilah 3 manfaat asuransi kesehatan yang selalu ditawarkan dalam sebuah premi asuransi.

1. Manfaat Rawat Inap (Inpatient)

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan saat membeli asuransi kesehatan adalah manfaat rawat inap yang dapat dinikmati oleh peserta asuransi kesehatan. Manfaat ini meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya melahirkan, serta biaya gawat darurat (emergency service).

2. Manfaat Rawat Jalan (Outpatient)

Manfaat lain yang akan diberikan kepada nasabah asuransi kesehatan biasanya berupa perlindungan terhadap biaya rawat jalan. Manfaat ini meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat menggunakan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter.

Namun begitu, terdapat batas maksimum penggunaan dana setiap tahunnya dalam manfaat rawat jalan. Jadi baiknya, pikirkan baik-baik sebelum menggunakan manfaat dari asuransi kesehatan ini.

3. Manfaat Nilai Tunai

Melalui manfaat yang satu ini, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah dana jika Anda sakit dan harus mendapatkan rawat inap di rumah sakit. Uang ini didedikasikan untuk mengganti biaya transport atau pendapatan kita yang hilang selama kita dirawat di rumah sakit.

Membayar premi asuransi kesehatan adalah langkah preventif dan baik yang dapat Anda lakukan di saat sehat. Bayarlah premi asuransi sejak jauh-jauh hari, sedikit demi sedikit, agar tidak memberatkan dan menjadi beban untuk Anda.

Demikian informasi tentang asuransi kesehatan, intinya  Manfaat asuransi kesehatan akan sangat terasa apabila suatu saat Anda mengalami gangguan kesehatan yang pengobatannya memerlukan biaya besar. Saat itulah Anda akan merasakan bahwa nilai pertanggungan yang akan kita terima dari perusahaan asuransi jauh lebih besar bila dibandingkan dengan nilai premi yang sudah dibayarkan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar